Senin, 10 Oktober 2011

tips tips ku



Tips Buat Menghadapi UAN




Berikut ini merupakan 8 tips yang sekiranya dapat dipertimbangkan sebagai upaya persiapan dalam menghadapi UAN.



1. Hadapi ujian ini dengan sikap yang tenag dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.


2. Bersikaplah proaktif
Proaktif adalah suatu sikap yang berabggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam idup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang dilakukan akan membuahkan hasil. Dalam menyikapi standar minimal, justru yang terbaik adalah kita sendiri membuat patokan standar nilai minimal. Misalnya, menargetkan 6,01 atau 7,01 sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.


3. Buatlah rancangan
Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai pelajaran menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UAN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas 1, kelas2, dan kelas3, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cra kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.
4. Perbanyaklah baca dan latihan soal


Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kit berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga kita tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal ujian.
5. Belajar kelompok


Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat di[akai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi daripada bermain dan membuang-buang waktu dengan percuma, mafaatkanlah dengan cara belajar kelmpok.


6. Efektifkan belajar di sekolah
Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan ala kadarnya atau sekedar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirina untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain diluar jam sekolah.


7. Mohon do’a restu dari orang tua
Yakinlah bahwa jika kita lulus maka oang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah UAN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang yang terbaik kepada kedua orangtua kita tercinta. Mohon do’a restulah pada orangtua kita agar kita diberi kelancaran dan kemudahan.
8. Berdoalah pada Tuhan


Adalah sombong yang beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri tanpa keikutsertaan sang Pencipta. Untuk dengan segala kerendahan diri dan hati dihadapan-Nya, kita panjatkan do’a agar diberi kelulusan, kesehatan, dan kemudahan dalam menghadapi ujian nanti.


#semoga tips-tips diatas dapat menambah motivasi dan semangat belajar kita semua. Yakinlah bahwa kesuksesan adalah milik anda#








Tidak ada komentar:

Posting Komentar